Berpetualang di dunia kedua :D

“Your world, Your imagination.. 

Duniamu adalah imajinasimu.. “

Sangat tepat memang jika kalimat diatas menjadi slogan dari secondlife.
Sudah kenal dengan secondlife (SL)? Kalau belum, dengan senang hati saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang petualangan saya di SL :D. Saya sendiri baru bergabung di SL sekitar 3 minggu yang lalu. *sangat terlambat jika dibandingkan dengan teman-teman yang sudah mengenal SL beberapa tahun yang lalu.

Secondlife (SL) merupakan aplikasi dunia virtual yang dikembangkan dengan teknologi 3 dimensi. Karena menggunakan 3D, maka dibutuhkan bandwidth yang memadai untuk bisa menjalankannya. Di SL orang bisa menjalin pertemanan dan membentuk komunitas seperti yang bisa dilakukan di facebook dan jejaring sosial lainnya. Tapi lebih dari sekedar sebagai sarana komunikasi dan pertemanan, di SL orang bisa melakukan aktivitas seperti yang dilakukan di dunia nyata. Dari aktivitas keseharian seperti makan, tidur, bermain, belajar, membaca, berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain, berbelanja, bermain musik, berolahraga, menyalurkan hobby, bekerja mendapatkan uang, hingga menjalin hubungan relationship. Karena itulah aplikasi ini diberi nama secondlife, yang artinya kehidupan kedua. Di SL setiap orang direpresentasikan dengan sebuah avatar. Bentuk dan tampilan avatar bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan dan imajinasi orang. Semua aksesoris avatar bisa didapatkan di marketplace SL dengan gratis atau membelinya dengan mata uang dolar linden.

Apa saja yang sudah saya dapatkan selama bergabung di SL? Dalam beberapa kesempatan, saya mengunjungi tempat-tempat menarik di Indonesia dan di luar negeri, dari mulai monas, borobudur, kuil di jepang, masjidil haram di makkah, menara Eiffel di Paris, hingga menara Washington di Amerika. Saya juga berkenalan dengan banyak orang dari berbagai negara seperti Malaysia, Mesir, Perancis, Kanada, Amerika, Australia, Argentina, Afrika dan Bosnia :D. Belajar memperlancar kemampuan berbicara bahasa Inggris di Cypris land, membuat objek bangun geometri 3D, belajar science interaktif di science school, dan melakukan simulasi haji virtual.. awesome 🙂

Di SL saya bergabung di group SLI (pengguna Secondlife Indonesia) dan group SLEd (Secondlife for Education). Saya mendapat banyak pelajaran dari teman-teman senior di sana. Tentang istilah-istilah yang biasa digunakan di SL, tentang bagaimana mengubah tampilan dan animasi avatar, berbelanja dan memilih baju di marketplace, mendapatkan joran, membeli cacing, dan memancing ikan di bussiness park, menukar uang di ATM, belajar olahraga dansa, belajar naik kuda :D, mendengarkan permainan biola, berkunjung ke berbagai tempat, dan berbagi pengalaman menarik lainnya. Hal-hal yang belum pernah dilakukan di Real life bisa dilakukan di Second life. Thanks to fijey dan teman-teman SLI yang lain atas bimbingannya 🙂

Kebanyakan orang yang saya dijumpai di SL adalah teman-teman yang baik, sangat baik malah :). Saya selalu yakin bahwa niat baik akan mengantarkan kita bertemu dengan orang-orang baik :). Tapi tidak menutup kemungkinan, di SL kita juga akan bertemu dengan orang dengan berbagai macam karakter. Jadikan itu sebagai bagian dari belajar hidup bersosialisasi, begitu kata teman saya.
Seorang rekan saya berpendapat, kebanyakan orang di SL jadi “liar”, 180 derajat berbeda karakter dengan dunia nyata, karena di SL orang bisa berbuat apa saja sesuai dengan apa yang mereka inginkan yang mungkin tidak bisa mereka lakukan di dunia nyata. Ada juga orang yang menganggap kehidupan kedua mereka di SL telah menjadi bagian dari kehidupan nyata mereka, mixed secondlife and reallife. Misalnya ketika di SL orang ditawari minuman beralkohol, dia menolak dengan alasan takut mabuk karena setelah ini mereka akan pergi mengendarai mobil di real life. Selain itu, menurut pengakuan dari rekan saya, ada orang yang menggunakan SL untuk menyalurkan ke”galau”an, misalnya menjalin relationship dengan orang lain di SL :D. Setiap orang punya hak mau menjadikan diri mereka seperti apa di SL.
Saya berusaha menghargai apa yang dilakukan orang lain, “mau ngapain aja ga masalah” asalkan tidak mengganggu kebebasan dan kenyamanan orang lain.

Jika bertemu dengan orang aneh yang membuat saya tidak nyaman :D, saya memilih untuk menjaga jarak dengan orang tersebut. Dan kadang saya tersadar.. “hey..It’s just virtual life.. !!”, mengapa harus ada perasaan tidak nyaman? Mungkin hati kecil saya bicara, memberikan alarm ketika memang ada sesuatu yang salah :).

Ada beberapa prinsip yang senantiasa saya pegang ketika memutuskan bergabung di Secondlife, *semacam nasehat untuk saya pribadi.

1. Harus bijak dalam membagi waktu antara kehidupan anda di dunia nyata dengan kehidupan kedua di secondlife. Karena kalau sudah jadi Secondlife addict, bisa lupa waktu.

2. Membekali diri dengan iman yang kuat agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik a.k.a maksiat. Meskipun kebanyakan orang menganggap secondlife tidak lebih dari sebuah game, menurut saya, semestinya kita harus tetap bisa menjaga diri dan mempertanggungjawabkan aktivitas dan waktu yang kita miliki.

3. Menjaga norma kesopanan dan menjaga diri dari hal-hal yang tidak sepantasnya dilihat 🙂
Bagi orang tua yang ingin memanfaatkan secondlife sebagai media pembelajaran bagi anak-anaknya, harus memberikan arahan dan pendampingan sepenuhnya agar anak tidak salah arah.

Bijak dalam menggunakan teknologi, ambil nilai positif dan manfaatnya, tinggalkan hal-hal negatif dan yang dapat menimbulkan kerugian. 🙂

tunggu tulisan saya berikutnya tentang bagaimana memanfaatkan secondlife untuk kegiatan pembelajaran, insyaAllah akan saya posting setelah saya berhasil menjalankan misi saya menakhlukkan moodle dan sloodle, Semoga berhasil 😀

avatar di secondlife 😀

walking around 😀

simulasi haji virtual

kunjungan ke science school

Advertisements

18 thoughts on “Berpetualang di dunia kedua :D

  1. so beautifull:D jadi pengen punya SL ni 😀 berasa seperti kembali ke masa-masa anak2 dulu ketika main barbie-barbie an lewat avatar…hehe..
    oya..dari cerita ini saya bisa disimpulkan: kalo kita lg bosan dg kehidupan nyata kita..hmm g ada salahnya sejenak menceburkan diri pada dunia virtual kita via SL, siapa tau kebosanan kita jadi sedikit berkurang setelah kita menjajal permainan di SL 😀

      1. maaf mba/mas, belum sempet posting di blog kemaren itu. coba ikuti tutorial video yg di web sloodle,, insyaallah sngat membantu. good luck

  2. Gabrielsusanto94

    saya baru tau SL hari ini dan suka nge-lag pas main.. gmna cara sy bermain tanpa nge-lag ya? semoga ada jawaban, terimakasih 🙂

    1. kalo mau jalanin SL tanpa lag bandwidth memang harus gedhe mas..
      *saya lupa berapa besar alokasi bandwidth koneksi internet yg biasa saya gunakan di lab hingga bisa buat jalanin SL tanpa lag.

      Atau coba pake viewer secondlife selain yang bawaan dari SL (SL viewer): saya pernah nyoba exodus viewer dengan koneksi 3G modem *HA.. lumayan juga..

      1. Gabrielsusanto94

        puji Tuhan sy pake phoenix viewer lumayan walau laptop ga mendukung hehe.. oh ya salam kenal ya .. avi ku : gabrielsusanto94 🙂

      1. RotiWay

        bukan buat ulang, abis aku ga ngerti isi 17th jd ga bisa bnyk larangan nya malesin haha.. jd aku buat baru dgn umur yg di naikin dikit haha.. mau dong 😀

    1. dolanan 3 dimensi Fa.. *seperti yg aku ceritakan diatas..
      disana kita bisa nglakuin banyak hal seperti di dunia nyata.
      kalau mau tau lebih jauh, coba join aja

  3. Sl 08

    Tumben nemu blog isinya tentang sl…. sl sekarang tambah keren yah,,,, klw anak indonesia biasanya pasti kenal dengan namanha jhon red, ocor, srikandi, pendiri SLI sapa ya lupa saya nama avinya, yg punya blog klw masih on, salam ya buatmereka, khansas jugasepertinya saya pernah ketemu dsl, tp cm 1x kyknya, ya good luckdech buat smua teman yg d sl, kangen tp sudah tidak punya avi lg, haha, hfguys, tlg salamnya di sampein ya, *dr mahluk tuhan paling ganteng, hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s